Daftar Blog Saya

  • KIOS LESTARI TANI - *KIOS LESTARI TANI* Kami merupakan usaha dagang yang bergerak dibidang perdagangan umum, antara lain produk-produk Pestisida, Pupuk, Pupuk Organik dan o...
    11 tahun yang lalu

Entri Populer

Rabu, 04 Maret 2009

Selasa, 15 April 2008 01:15:01 Klik : 35 Kirim Berita Ini! Print Berita Ini! Langkah Peningkatan Mutu dan Produksi Padi JATIAGUNG - Pemerintah

Selasa, 15 April 2008 01:15:01 Klik : 35 Kirim Berita Ini! Print Berita Ini!

Langkah Peningkatan Mutu dan Produksi Padi
JATIAGUNG - Pemerintah Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan bekerjasama dengan Cabang Dinas (Cabdin) Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kecamatan Jatiagung, melakukan terobosan sebagai upaya untuk mendongkrak hasil produksi pangan, khususnya produksi padi dan jagung di wilayah tersebut.

Dengan dukungan dari PT. Tritama Wirakarsa sebagai distributor produk stimulan dan booster Nordox 56 WP dan produk bio aktivator organik padi Siapton, memprakarsai lomba intensifikasi lahan yang diikuti oleh seluruh kelompok tani yang ada di wilayah kecamatan tersebut.

Pencanangan lomba tersebut dilaksanakan bersamaan dengan panen raya yang di pusatkan di sawah milik Wariman, warga Dusun III, Desa Fajarbaru, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan (Lamsel).

Dalam sambutannya, Camat Jatiagung Abdullah Sani, S.Sos., mengatakan bahwa pihaknya merasa terpanggil untuk melakukan langkah-langkah nyata, setelah melihat kondisi pertanian yang ada di kecamatan tersebut.

Saat ini produksi pertanian di Kecamatan Jatiagung hanya cukup untuk kebutuhan selama 6 bulan saja, kata Abdullah di hadapan Ketua TP PKK Kecamatan Jatiagung Ny. Mainar Sani, Kepala Cabang Dinas (kacabdin) Tanaman Pangan Dan Holtikultura kecamatan setempat Robinsis dan perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Lamsel, pihak sponsor dari PT Tritama Wirakarsa yang diwakili oleh Edi dan perangkat Desa Fajarbaru, serta anggota dari kelompok tani (poktan) Serba Guna.

Abdullah menambahkan, peningkatan produksi pertanian ini hanya dapat dilakukan dengan langkah intesifikasi lahan melalui penggunaan bibit unggul, pola tanam dan penggunaan pupuk serta obat-obatan.

Untuk diketahui, di Kecamatan Jatiagung langkah ekstensifikasi atau perluasan lahan tidak mungkin lagi dapat dilakukan. Pasalnya sebagai wilayah kecamatan yang berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi, wilayah Jatiagung mulai menjadi pilihan para investor dalam melakukan kegiatannya.

Sebagai konsekuensinya, lahan pertanian di kecamatan tersebut kian hari kian berkurang. Masalah ini bertambah parah dengan kondisi lahan pertanian yang sebagian besar masih merupakan sawah tadah hujan akibat belum adanya saluran irigasi di wilayah tersebut.

Guna meningatkan motivasi dan kekompakan para petani yang tergabung dalam poktan, pemerintah kecamatan bekerjasama dengan Cabdin Tanaman Pangan dan Holtikultura mengadakan lomba intensifikasi lahan, tambah orang nomor satu di Kecamatan Jatiagung ini.

Ke depan, kegiatan lomba seperti ini akan dijadikan kegiatan rutin, bahkan telah ada wacana lomba tersebut akan memperebutkan piala bergilir yang disediakan oleh Camat Jatiagung, ditambah dengan piala tetap yang disediakan oleh pihak sponsor.

Hasil panen raya menunjukan peningkatan yang cukup signifikan setelah menggunakan produk-produk dari pihak sponsor. Untuk setiap hektare lahan, peningkatan produksi mencapai 1/2 ton padi.

Hasil ini cukup memberi harapan pada peningkatan kesejahteraan para petani di wilayah ini, pungkasnya. (T. Wijaya)


<< Kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar